Penyebab Hardisk Eror (rusak) - KOLOM TEKNOLOGI

Penyebab Hardisk Eror (rusak)

Penyebab Hardisk Eror (rusak)

Walaupun saat ini komputer sudah menjadi barang yang tidak langka lagi, bahkan sekarang hampir semua orang mengenal dan mempunyai komputer, tapi masih banyak orang yang belum bisa mahir menggunakan komputer.

Banyak orang yang mempunyai komputer tapi tidak punya dasar komputer, jadi mereka asal-asalan dalam menggunakan komputer, merawat komputer juga tidak bisa. Sehingga banyak komputer mengalami kendala/ kerusakan hanya karena tindakan yang sepele.

Hardisk merupakan komponen perangkat keras yang berfungsi untuk  menyimpan semua konten digital seperti dokumen, foto, musik, video, program, aplikasi dan sistem operasi mewakili konten digital. Ukuran hardisk bervariasi mulai dari megabyte (MB), gigabyte (GB), dan terabyte (TB).

Kerusakan hardisk adalah yang paling umum terjadi pada komputer.  Mulai dari lama loadingnya, bad sector sampai tidak terdeteksi sama sekali dan kali ini saya akan memberikan informasi beberapa penyebab hardisk error atau rusak.






hardisk error



Berikut adalah  beberapa penyebab hardisk eror :

  1. Suhu yang terlalu panas : suhu juga berpengaruh terhadap kesehatan hardisk, jika suhu hardisk sangat panas, kerja hardisk semakin berat dan lambat. Jika kondisi tersebut dibiarkan terus maka lama-kelamaan hardisk akan eror dan tidak terdeteksi
  2. Guncangan komputer : saat komputer menyala dan hardisk bekerja, komputer harus dalam keadaan tenang, karena pada saat bekerja head hardisk mengambang diatas permukaan piringan. Jika terjadi goncangan pada komputer, head hardisk akan menyentuh bagian magnetik piringan. Akibatnya jalur directory hardisk akan rusak.
  3. Mematikan komputer tidak sesuai prosedur : kejadian ini yang banyak terjadi di masyarakat, mereka mematikan komputer tidak melalui shutdown tapi langsung mencabut kabel powernya atau langsung menekan tombol power padahal saat itu hardisk masih bekerja. Akibatnya saat hardisk bekerja dan tiba-tiba tidak ada arus ke hardisk, head hardisk akan berada di sembarang tempat atau tidak pada posisi sebenarnya. hal ini bisa membuat umur hardisk tidak bisa lama.
  4. Komponen hardisk mengalami kerusakan : Hardisk juga sama dengan alat elektronik lainnya, terdiri dari banyak komponen. Jika salah satu komponen ada yang rusak entah itu terbakar atau penurunan kualitas, sudah dapat dipastikan hardisk juga akan menurun kinerjanya tau bahkan tidak bisa berfungsi sama sekali. 
Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda...terima kasih.

2 Komentar untuk "Penyebab Hardisk Eror (rusak)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel